7 SPOT INSTAGRAMABLE DI KEBUN RAYA BOGOR



Spoiler : artikel ini mengandung narsis tingkat tinggi gakgakgak..

Izinkan saya bercerita kembali mengenai pengalaman kami jalan-jalan ke Kebun Raya Bogor, kemarin. Kami berangkat berempat (saya, Mase, dan 2 orang teman) dengan menaiki kereta commuter line dari Stasiun Pasar Anyar ke Stasiun Bogor dengan harga tiket Rp. 9000/org. Keretapun berangkat jam 8.30 pagi. Oiya, di stasiun ini kami bisa menitipkan kendaraan (motor) kami sampai dengan sepulangnya kami dari Bogor, tempat parkir disediakan oleh pihak ketiga.

Kira-kira pukul 10 pagi kami sampai di Stasiun Bogor. Sesampainya disana salah satu teman yang sudah hafal benar rute menuju ke Wisata Kebun Raya Bogor ini langsung saja berlari memberhentikan angkot bernomor kode 02 yang bisa mengantar langsung sampai menuju lokasi Kebun Raya. Angkot tersebut bertarif Rp. 2500/org Sebenarnya sih ternyata dari stasiun menuju lokasi tujuan, tidak begitu jauh dan dapat dicapai dengan hanya berjalan kaki, hanya saja kami berusaha menghemat energi agar dapat berkeliling menikmati suguhan indahnya pemandangan di lokasi nanti.

Jeng, jeeeeng! Sampailah kami di Kebun Raya Bogor (KRB). Ternyata kami berempat cukup kompak untuk numpang foto-foto dulu didepan gerbang KRB sebelum berburu tiket masuk. Karena rasa belum afdol kalau ke Kebun Raya Bogor tapi gak bawa bukti nyata wkwkwk..

After that, puas berfoto.. kami segera menuju loket pembelian tiket masuk. Tiket tersebut bisa diperoleh dengan merogoh kocek sebesar Rp. 15000/org.

Sebelumnya saya dan Mase memang belum pernah sekalipun menjejakan kaki di KRB, maka begitu masuk ke dalamnya kami merasa cukup takjub. Begitu banyak pohon-pohon besar, warna hijau tua sejauh mata memandang, wangi dedaunan, sejuknya semilir angin, meriahnya kicauan burung, daun-daun yang bergesek terkena hembusan angin, juga lirih gemericik air menyempurnakan ketenteraman didalamnya. Udah pengen buru-buru tiduran dan gelindingan deh pokoknya hahaha.. *naluri orang utan

Belum lama kami berkeliling, ternyata perut sudah minta jatahnya. Akhirnya kami memilih sebuah spot dipinggir kolam untuk berpiknik alias makan siang. Kami memang sengaja membawa bekal dari rumah dengan menu oseng kangkung, lele goreng dan fried chicken. Hmm, nikmatnya.. makan siang dengan suasana seperti ini gak akan ditemui setiap hari. Oleh karena itu kami sangat bersyukur. J

Makan siangpun sudah kini saatnya kami mencari mesjid untuk melaksanakan shalat dzuhur terlebih dahulu sebelum kembali melanjutkan petualangan kami. Dan Alhamdulillah disini mesjid lumayan nyaman dan sejuk pastinya. Bikin pengen numpang tidur hahaha..

Nah, ada hal menarik apa aja sih yang bisa didapat di kebun Raya Bogor ini, berikut hasil review kami: 


 SPOT FOTO INSTAGRAMABLE DI KEBUN RAYA BOGOR

1. PINTU MASUK KEBUN RAYA BOGOR, sebelum masuk ke dalam wisata, rugi rasanya jika tidak berfoto dulu di pintu masuknya. berlatar gerbang megah dan besar bertuliskan Kebun Raya Bogor, akan jadi bukti valid, bahwa kita pernah disini qiqiqi.. *maafkan kami yang alay ini..


2. TEPI DANAU, entah ada berapa buah danau yang ada di wisata Bogor ini, kami menemukan salah satunya, yak because of soo instagramable, alay kitapun kumat deh..  Seperti yang tampak pada foto ini.. 


3.  KOLAM TERATAI, dikenal dengan nama Danau Gunting, karena bentuknya yang menyerupai sebuah gunting. Nah.. ini another danau yang saya sebut tadi. Bedanya, danau ini dipenuhi teratai yang tumbuh apik menghiasi danau yang letaknya berada di seberang Istana Bogor. Kurang instagramable apa cobak?


4.  POHON TERLARANG, aih.. apa sih ya namanya. Kita ketemu pohon ini tepat setelah pintu masuk sih. Amazing view pokoknya, berfotolah disini, diantara akar-akar kekar ini. Berasa lagi syuting Petualangan Sherina deh rasanya..



5. TANGGA INSTAGENIC, ini sih istilah bikinan saya aja qiqiqi.. apa aja dijadiin latar foto, biarin aja biarin, lagi masa pertumbuhan, ntar kalo udah tuntas alaynya, pasti segera insyaf dan malu atas kelakuan alay ini gakgakgak..


6. JEMBATAN MERAH, dikenal dengan nama lain Jembatan Putus Cinta. Mitosnya, pasangan yang menyeberanginya bersamaan akan segera putus cinta qiqiqi.. Apalah arti sebuah mitos, kalau ada Allah 'Azza wa Jalla yang kuat kita yakini. Seperti halnya Prambanan dan Baturaden adalah juga objek wisata yang memiliki mitos yang sama, saya dan Mase pun pernah mengunjungi tempat tersebut, namun Allah lah sebaik-baiknya tempat berlindung.


7. TAMAN ASTRID, taman ini terbentang luas, ditumbuhi rerumputan hijau, kita bisa puas gelundungan disini, melepas lelah setelah seharian 'pusing-pusing makan angin' di seluruh kawasan KRB, sambil bermimpi "kapan ya punya rumah yang halaman nya segede ini, gakgakgak..



FUN THINGS TO DO IN KEBUN RAYA BOGOR

Oiya, selain sibuk cari objek instagramable di KRB ini, masih banyak lho hal menyenangkan lain yang bisa kita lakukan disini, ini dia : 

1. PIKNIK
Jika tidak repot, kita bisa bawa bekal dari rumah. Saya pribadi begitu, lebih suka prepare lengkap dari rumah, jadi di tempat wisata kita tinggal gelar tikar aja, bersantai dan membiarkan anak berlarian lucu di rerumputan. Cocok banget kalau bawa keluarga besar kesini, bisa menciptakan suasana santai, akrab dan menyenangkan. 

Tips: Tanyakan kepada petugas area mana saja yang boleh dan aman untuk dijadikan tempat untuk piknik, terutama untuk anak-anak. Dan jangan lupa membuang sampah bekas piknik ke tempat sampah yang telah disediakan.


2. BERFOTO
Ini sih tidak usah di omongin ya. Nomer satu sudah pasti qiqiqi.. Silahkan jelajahi seluruh area, saya merekomendasikan beberapa spot instagramable seperti yang sudah saya ulas di atas.

Tips: buat yang jago selfie, jangan lupa menjadikan objek wisata sebagai latar. Buat yang suka foto beramean, kalau pas gak bawa tripod atau monopod jangan malu buat minta batu fotoin pengunjung lain *plak *minta ditabok


3. BELAJAR DENGAN ALAM
Sekolah gak mesti di sekolahan, ya di KRB inilah kita bisa belajar banyak tentang jenis-jenis tumbuhan langka.

Tips: Hindari memetik atau merusak apapun di lokasi wisata. Jagalah etika dan kesopanan, ingat selalu bahwa Tuhan Maha Melihat apapun yang kita perbuat.



4. PREWEDING
Wakakak, jangan diketawain ya. Tapi emang kece banget spot-spot disini, harus diimbangi juga sama keahlian fotogenik sang model dan sang photographer (huek!), jadilah bisa punya foto prewed abal-abal lowbudget macam ini qiqiqi..

Tips: Hubungilah petugas KRB untuk reservasi, jika ingin sesi foto prewed anda lebih professional.

Jembatan Merah

Taman Astrid

Dimana ini ya? Setelah pintu masuk kalau gak salah

Taman Astrid

Prasasti, diseberang danau teratai, Istana Negara

Taman Astrid

Entah dimana wkwkwk..

Taman Astrid

Air Mancur, Taman Astrid

Kolam Teratai


Masih banyak lagi kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di krb, sperti memberi maka hewan, mengunjungi museum, berkeliling dengan jalan kaki atau kendaraan, dll. Tapi segitu dulu deh yang bisa saya ulas, next time jika diberi kesempatan lagi berpijak di wisata ini, akan kembali saya ulas yang belum terulas. *bahasa macam apa itu


ALTERNATIF TRIP SANTAI & MURAH

Waktu menujukan pukul 15.00, maka sudah waktunya kami pamit pulang. Kembali naik angkot 02 menuju stasiun Bogor dan ternyata salah satu teman mengajak kami mampir membeli oleh-oleh. Yaitu berupa asinan buah khas Bogor, Rp. 10000/bks.

Setelah puas berbelanja buah tangan, kami bergegas pulang dengan menaiki kereta tujuan Kota Tangerang dengan biaya tiket yang sama.

Semurah apa sih, berikut ini hasil ulasan biaya yang dikeluarkan di KRB:
  • Parkir motor di stasiun : Rp. 5.000/motor
  • Kereta PP : Rp. 9000/orang x 2 = Rp. 18.000
  • Angkot di Bogor : Rp. 2500/orang x 4 (PP) = Rp. 10.000
  • HTM KRB : Rp. 15.000/orang x 2 = Rp. 30.000
  • Asinan buah : Rp. 10.000/bungkus (untung cuma beli satu, rasanya gak banget!)

Total = Rp. 73.000 : 2 = gak sampe gocap perorang, cyin!
*info per tgl : 25 Desember 2012

Sampai jumpa di trip berikutnya, ya! 

HENNY F LESTARI

2 Comments

  1. Baca artikel ini jadi kangen Kebun Raya Bogor, lama sekali nggak kesana lagi,...btw kalau saya lele gorengnya sukanya ditemeni sambal dan lalapan mbak hehehe

    ReplyDelete
  2. jembatan merah ini lewat mana sih? saya ke sana kok nggak nemu jalannya yaa..

    ReplyDelete