4 TEMA BLOG FAVORIT SAYA



Jika di tanya perihal tema, topik ataupun niche, saya agak oleng sih. Soalnya blog saya ini cenderung seperti toserba, topik-serba-ada. Begitu lewat dikepala, tulis. Begitu seneng, tulis. Jadi secara spesifik, blog saya ini bertema suka-suka *eh ada gak ya?

Bagi saya blog adalah buku diary, buku jurnal pribadi. Sehingga yang saya tulispun selalu berkaitan dengan pengalaman apa saja yang telah saya alami. Selain itu, sebagai seorang ‘emak’-peran yang luar biasa dimuka bumi ini-, gak bisa saya menyimpan semua ini sendiri, kelak saya akan menjadi ibu lebih dari satu orang anak, bahkan jadi ibu bagi anak-anak bangsa (anak-anak TK maksudnya ya, sapa tau kan saya jadi guru) Maka demi mengikat berbagai macam fikiran yang terbersit dikepala, berhubung saya pelupa dan berakhir mubazir, jadilah saya hobi curhat di diary digital ini (baca: blog). Diary itu sifatnya sebenernya personal banget, namun demi apapun, dengan cara apapun saya coba menuliskannya dengan bahasa yang cukup layak untuk dibaca. Dibaca orang dewasa ya, jangan dibaca anak-anak, apalagi anak saya, nanti dia mauluu, emaknya malu-maluin.

Akhirnya, dalam rangka menulis postingan ini, saya flashback, buka buka tulisan lama. Saya ini sebenernya blogger macam apa? Apa gitu yang biasanya saya bahas di blog? Lalu saya menemukan beberapa fakta unik tentang diri saya sendiri. Bukan unik deh, lebih ke ‘fakta aneh’ kayaknya. Sementara para blogger sejati menentukan dengan mantap, jenis tema pada blognya, blog saya malahan isi nya campur aduk, labil beud, kek anak abegeh, deuh muda dong ya saya qiqiqi.. *sumpel kamus oxford

Setelah melalui beberapa rangkaian penelitian (meneliti blog sendiri), akhirnya sayapun akhirnya menyadari beberapa jenis tema yang saya biasa saya tulis dalam blog, yaitu:

1. FAMILY LIFE

Berhubung saya adalah seorang ibu, ke-fokusan saya sehari-hari tentu banyak terpusat kepada kepentingan anak (parenting), suami (mariage life), dan rumah-tangga (motherhood). Bosen gak sih, begitu-gitu aja sehari-hari? Dulu, sebagai ibu baru saya awalnya antusias sekali jadi RATU rumah tangga, betapa tidak, saya adalah yang paling berhak menentukan prioritas didalam rumah kami ha-ha-ha (ketawa jahat). Namun sebagai manusia normal, kegiatan yang itu-itu saja setiap hari membuat saya bosan. Saya butuh interaksi, juga butuh reward dari segala kegiatan yang yang lakukan. Maka dengan menulis pengalaman yang saya alami dalam menjalani kehidupan berumah tangga, serta pengalaman greget dalam membersamai anak, saya bisa merekam kisah sekaligus berbagi pengalaman kepada teman-teman yang mungkin memiliki kesamaan kisah seperti saya. (kayak punya temen aja!)

2. CERITA TRAVELING

Ini adalah tema ter-sering yang saya gunakan dalam menulis blog, karena saya sukaaa banget jalan-jalan, meski jalan-jalannya gak jauh-jauh amat. Semua jenis perjalanan saya tulis, meski cuma jalan sekitaran kantor kecamatan.

Jaman waktu masih gadis, saya addict banget sama jalan-jalan. Sehubungan dengan aktifitas saya waktu itu warbiyasah hektik (kerja di pagi hari, kuliah di malam hari) nyampe rumah udah malem banget, dirumah aktifitasnya cuma numpang tidur, alhasil liburan adalah hal yang paling saya rindukan pada saat itu. Apalagi pas punya partner (baca: pacar) yang sama sukaknya sama jalan-jalan, akhirnya tiap weekend dan tanggal merah adalah agenda wajib kami buat melepas penat, yaitu liburan, jalan-jalan. Waktu itu meski badan capek babak belur akibat aktifitas weekday sama sekali tidak saya manjakan dengan tidur-tiduran dirumah. Rugi dong pemirsah, istrirahat saya ya di luar, itu lebih baik, dan berasa hilang capeknya daripada tidur, toh tidur mah bisa kapan saja, itu juga jadi salah satu penyemangat biar rajin kerja, lekas kelar kuliah dan lekas menikah qiqiqi.. Nah, mulai saat itulah saya senang menulis pengalaman jalan-jalan saya.

3. RANDOM EXPERIENCE

Saya menilis tema ini ketika saya mendapatkan pengalaman baru, diluar aktifitas rumah tangga. Semacam me-time, kulwhap, rumbel, kids club dan sejenisnya. Saya gak bisa sering ninggalin anak, namun semenjak anak punya kegiatan sendiri di kids clubnya, saya mulai agak nakal cari-cari kesempatan buat kelayapan, cari pengalaman buat bisa ditulis dalam sebuah cerita. Emak gabut dirumah kalo kelamaan nungguin entong pulang sekolah.

4. RANDOM THOUGHT

Terkait ide-ide yang tersirat didalam benak dan fikiran. Ketika tema lain membahas lebih kepada pengalaman pribadi, pada tema ini justru membahas sesuatu yang belum dan sangat ingin saya lakukan di masa depan. Entah jangka pendek maupun jangka panjang. Ini seru banget, jemari serasa mengetik dengan sendirinya saking saya menggebu-gebu memikirkan impian dan masa depan.

Voilaa, itulah tadi beberapa jenis tema yang biasa lalu lalang di blog saya tercinta. 4 hal tersebut adalah garis besar dari apa yang saya senangi didalam hidup saya. Percaya saja, ketika kita menyenangi sesuatu, tidak akan kita merasakan sulit  menjalaninya meski itu cukup sulit. *curhat dong maah

Jadi kesannya saya gak menyadari selama ini udah nulis apa aja, emang! Qiqiqi.. Selama ini saya nulis atas dasar suka sama suka (sama siapa? aneh!) Jadi  kesimpulannya tema blog yang saya sukai adalah sesuatu yang memang saya alami sendiri dan sesuatu yang membuat saya semangat untuk meraihnya. Ya, sesederhana itu. Karena lagi-lagi saya ucapkan bahwa menulis adalah terapi bagi saya, ditengah-tengah keseharian saya yang hektik sebagai seorang ibu yang memiliki banyak peran. Bukankah selain harus sehat raga, seorang ibu juga harus sehat jiwa nya dalam membersamai anak, berjibaku dengan urusan rumah tangga, sekaligus mencapai cita-cita. Jadi ibu gak boleh capek hati, harus besar hati.

PS : “Hangout, snap pictures, do stupid things, (sometimes) make goofy jokes, (then) write and laugh (a lot)” (Saya suka berkunjung, berfoto, melakukan banyak hal lucu, membuat banyak lelucon konyol, untuk kemudian ditulis dan ditertawakan sendiri)

Jargon diatas saya buat beberapa tahun yang lalu, saat baru memulai membuat blog pertama saya. Saat itu saya mikir keras, ini blog bagus nya dikasih embel-embel apa ya? Maka dengan kekuatan bulan, saya akhirnya memutuskan bahwa blog ini (sementara) akan saya isi dengan berbagai hal yang menyenangkan, seperti yang tersurat pada jargon diatas.

Kalau kamu gimana?

#BPN30DayChallenge2018
#BloggerPerempuan

Henny Fajar Lestari.


0 Comments