5 REKOMENDASI BUKU FAVORIT



Bicara perihal buku favorit, sekarang-sekarang ini saya pribadi gak se-heboh dulu sama buku. Bener, pas jaman sekolah buku saya hampir memenuhi isi rumah. Ada buku LKS yang tiap stengah tahun beli ganti dikali 15 jenis mata pelajaran. Ada buku paket sekolah, yang gak kalah banyak sama LKS nya. Belom lagi buku tulisnya, satu mata pelajaran bisa beranak jadi 3 buku. Buku latihan, catatan dan PR, jatahnya sendiri-sendiri. Buku kamus yang judul di covernya aja jumlah angka nol nya kebangetan. Buku cerpen yang udah kaya horang kaya, sekali baca, buang! Belom lagi koleksi buku komik menye’-menye’ nya. Eh, ini kok jadi absen jenis-jenis buku sih ya, kumat!

Oke fiks, kita bahas film aja deh kalo gitu. Nah sayapun, lagi lagi, “dulunya” pecinta nonton film, jadi berasa banget ya dulu itu saya banyak buang-buang waktu qiqiqi.. Film horror adalah favorit saya waktu itu, sampe sekarang sih, bedanya, kalo dulu hobi nonton film horror yang agak ‘punch head’, uji mental gitu deh. Tapi sekarang karena suami jijik liat yang sadis-sadis, sayapun ikut terbawa jadi ikut-ikutan jijik nonton film horror yang ‘agak-agak’

Nah, gimana kalo music? Wah.. masa sekarang saya gak punya banyak cerita tentang musik, semenjak hamil si anak lanang hingga sekarang, kuping ini terasa terganggu kalo denger musik. Lebih seneng keadaan sunyi, lebih fokus ngapa-ngapain, atau sayanya yang kurang enjoy ya qiqiqi.. Kita bahas, “dulunya” saya aja yah haha.. Dulu musik favorit saya adalah jenis-jenis musik minim instrument, maksudnya lebih ke akustik kali ya atau swing gitu, yang selow-selow gitu kayak lagu-lagunya Citra Scholastica, Mocca, Lala Carmela, dan music-musik non ‘love theme’ kaya Sheila on 7.

Hahaha.. sungguh 259 kata-kata diatas yang unfaedah. Ya Allah, berikan aku ‘ilham’ supaya, seenggaknya tulisan ini ada ‘sedikit’ manfaatnya, aamiin.

Oke tarik napas.. 1, 2, 3, hembuskan! Coba kamu jadi diri sendiri, Bun. Selami peran mu sebagai seorang ibu, istri dan muslimah yang ‘kepingin’ bermanfaat. Apa jawabanmu ketika ditanya buku favoritmu, yang dengan kata lain sangat bermanfaat bagi peranmu saat ini?

Well, I got it!

Buku yang 3 tahun terakhir sedang saya sukai adalah buku yang selama ini cukup membantu saya menjalani peran sebagai ibu dan istri, ini diaa:


1. BUNDA SAYANG & BUNDA CEKATAN (KOMUNITAS INSTITUT IBU PROFESIONAL)

Buku ini disusun oleh IIP. Saya belum punya buku ini, sempet pinjem punya teman, tapi Alhamdulillah sedang mengikuti kegiatan kelas online nya juga. Buku ini memandu para ibu & Ayah dengan cara unik, melalui game-game yang menarik untuk diselesaikan bersama. Buku ini mirip ‘Standar Operasional Prosedur’ nya seorang ibu. Iya, ibu itu kan ‘pekerja’ ya dirumah, jangan dikira cuma klekaran doang. Jadi ibu itu berat buat yang gak tau ilmu nya. Nah, buku ini mbantu banget seorang ibu agar bisa mempermudah sekaligus menikmati peran nya. Sehingga ibu tidak perlu jadi pekerja dirumahnya sendiri, karena sejatinya ibu adalah ‘ratu’, manager keluarga, pengatur rumah tangga.

2. THE LIFE-CHANGING MAGIC OF TIDYNG UP (MARIE KONDO)

Buku ini membahas seni beberes rumah ala ibu-ibu Jepang. Uniknya melalui buku ini sang author Marie Kondo, memberi pemahaman bahwa beebres rumah itu gak boleh berkali-kali. Lah, gimana caranya, kan punya anak kecil? Baru juga beberes, belum ada 5 menit, udah bubar lagi isi rumah. Ada berbagai tips dan trik serta teknik cerdas yang Bu Marie Kondo akan beberkan di dalam buku nya, agar rumah bisa rapih tanpa beberes berkali-kali, meski punya anak kecil. Menarik ya?

3. RUMAH MAIN ANAK 1 & 2 (JULIA SARAH RANGKUTI)

Saya pribadi merasa terbantu sama buku ini. Anak lelaki saya sangat amat aktif, gak bisa nganggur sedikit. Kasihan kalo didiemin aja, bisa-bisa anak tantrum – emaknya juga tantrum.  Mau nemenin main anaknya gampang bosenan, pusing juga kan? Nah, buku ini recommended banget buat para ibu yang kewalahan anaknya aktif banget kayak ‘marsha and the bear’. Selain ide bermain anak, buku ini juga dilengakpi dengan banyak panduan Ayah –Bunda sebagai refrensi tumbuh kembang anak.

4. SAATNYA AYAH MENGASUH (ULUM A. SAIF) & SAATNYA IBU MENJADI IBU (FEBRIANTI ALMEERA)

Ini buku couple, yang nulis sepasang suami istri yang punya visi & misi luar biasa anti-mainstrim. Mereka ingin mengembalikan fitrah seorang ayah dan ibu dalam sebuah keluarga. Bahwa menciptakan generasi yang berkualitas tentu berawal dari rumah/keluarga yang utuh dan hadir bagi anak-anak. Padahal kedua author ini masih mudaa banget loh, what a relationship goals I ever seen. Duh, gimana ya? Saya baru baca-baca ringkasanya doang lho, yang sering di share di IG sang author. Ini udah sok-sok an nebak-nebak isi buku qiqiqi.. Saya sendiri belum punya bukunya, tapi ini berhubung judulnya rekomendasi buku favorit, maka saya SANGAT merekomendasikan kepada paksuami agar segera membelikan saya dua buku keceh ini. Lho? Kok maksa qiqiqi..

5. CINTA YANG TERSAMBUNG HINGGA KE LANGIT (FITRAH ILHAMI)

Nah, selain buku-bu parenting kelas berat, kita juga butuh kan ya buku hiburan, yang bisa bikin kita ketawa dan nangis secara bergantian. Buku ini pas banget deh buat ngisi luang supaya lebih berfaedah, karena isi tulisannya yang kocak, tersirat banyak hikmah. Gak melulu ngakak, nanti bisa mati hati. Konon, buku ini berdasar kisah nyata sang author. Baginya menulis merupakan sarana menasehati diri sendiri. Menulis juga ia rasakan sebagai lahan memberikan ketenangan batin, tempat mengungkapkan segala resah di dada. Ininih pas banget ama apa yang saya rasakan, sukaa deh pokoknya sama karya-karya Pak Fitrah Ilhami. Beliau telah menelurkan banyak buku. Kebayang dong ya gimana isi buku karangan nya yang lain? Yang ini aja kocak banget.

Gimana temans, kamu punya juga rekomendasi buku favorit? Yuk ceritain..

#Day9
#BPN30DayChallenge2018
#BloggerPerempuan

0 Comments