TIPS MEMILIH NAMA BLOG



1. GUNAKAN NAMA NAMA BEKEN

Dari jaman sekolah saya seperti sudah punya nama panggilan yang melekat kuat, yeelah! Tapi bener deh, temen dan saudara-saudaripun sudah terbiasa memanggil saya dengan sebutan ‘Pika-Pika’ yang jika ditanya bagaimana sejarah tercetusnya panggilan tersebut, saya sudah lupa, atau geli sendiri lebih tepatnya qiqiqi..

Tujuannya menggunakan nama beken atau nama panggilan adalah agar menciptakan brand diri di benak orang-orang, mudah diingat, dan keciri banget gitu pas baca urlnya semua orang sudah lansung menebak, ini blognya siapa? *lho kok malah nanyak

Yeap, blog pertama saya di tahun 2013 adalah nama beken saya yaitu, Henny Pika-Pika (masih pinjem sama blogspot dot com) serupa dengan nama Facebook dan juga beberapa akun jejaring sosial milik saya yang lain. 

2. GUNAKAN NAMA REAL NAME

Buat orang-orang yang kebetulan baru hadir di kehidupan saya, banyak yang bertanya ‘kenapa sih namanya Pika-Pika?’ itu bikin keder juga jawabnya, lagi pula ‘Pika-Pika’ itu memiliki arti yang unfaedah, maka dengan mantap saya mengganti nama blog ini dengan nama lengkap saya yang sesungguhnya. Nama yang diberikan orang tua kepada saya 28 tahun yang lalu, nama yang telah tersemat banyak doa dan harapan agar saya tumbuh, besar dan menjalani kehidupan dengan cara yang baik.

Henny F Lestari (dot) com, nama blog yang saya harapkan memiliki ikatan yang kuat dengan majikannya qiqiqi, dikata kucing peliharaan kali yak. Sebagai mana halnya yang orang tua saya dulu lakukan, saya menamai blog ini dengan begitu banyak doa dan harapan agar kelak blog ini bisa mencerminkan hal baik tentang pemiliknya, yaitu saya sendiri. *temenin dong

2. PILIH KATA-KATA SESUAI NICHE BLOG

Misal blog nya isinya tentang Traveling, pilih kata-kata yang related cerita traveling juag, contoh : gembuljalanjalan dot com, atau travel-eling dot com (eling : waras)

Bebaslah pokoknya, saya sendiri nama blognya pakai nama sendiri karena merasa (masih) ada hubungan nya dengan artikel blog yang biasa saya tulis, yaa all about Henny F Lestari in daily life, mashoook tho?

4. EYE CATCHING, UNIK, NAMUN TIDAK ALAY

Sebaiknya sih jangan pilih nama blog yang ada unsur alaynya, khawatir sulit di ingat, sulit di eja dan suka bikin ilfil duluan qiqiqi.. (soalnya saya banget dulu, bikin ilfil) Kan emang tujuan nya nama blog itu biar menarik pengunjung penasaran dan datang ke blog, yekan? Jadi pemilihan nama blog yang eye catching itu salah satu faktor penting biar teman-teman pengunjung mudah mengingat nama blog supaya datang lagi- datang lagi (ih, maksa amat ya qiqiqi..) 

Semoga blog ini menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi saya merekam berbagai kesenangan yang saya alami dalam kehidupan saya. Saya ingin dengan tersematnya nama lengkap saya sebagai nama blog ini menjadi bener-bener menceritakan apa adanya saya dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun blog ini belum punya banyak manfaat bagi orang lain, setidaknya saya pribadi selaku pemilik blog mendapatkan buanyak manfaat secara psikologis. Walaupun gaya tulisan saya belum ‘nggenah’, banyakan ‘ndagel’ nya dari pada ilmunya tapi kalo lagi sehat jasmani rohani, saya kepingin banget blog ini kelak nantinya akan bisa saya tulisi dengan berbagai informasi bermanfaat seperti blogger-blogger kece yang sering saya tongkrongin. Betapa menjadi bermanfaat bagi banyak orang itu bisa sekaligus ‘membahagiakan’ diri sendiri.

Kalau kamu gimana?

#BPN30DayChallenge2018
#BloggerPerempuan


HENNY FAJAR LESTARI

0 Comments