Menyandang gelar ibu rumah tangga itu ribet, ndekem dirumah aja dibilang sombong, eh.. giliran keluar rumah sebentar aja banyak banget godaan nongkrong dan nge-gosipin orang lain, beuh gurih banget gaes! Astagfirullah..

Saya jujur sih, aselinya saya orangnya betah dirumah aja, wong kita mah sibuk nge-blog yekan! Nyari rezeki halal, gak ngeribetin tetangga, lha kok ada aja yang nyinyir. Nah giliran sesekali keluar rumah nemenin anak main, adaaa aja yang ngajak maksiat ngomongin orang, alhasil ikutan angguk-angguk, geleng-geleng, meski gak ikut nimbrung, dengerinnya kan juga kena bangke nya, eh.. dosanya.. Kan jadi gak berfaedah kaaan, *kembalikan waktu berhargakuuuu

Oh ya, ngomongin orang (ghibah) itu gak sehat lho! Jatuhnya bikin penyakit hati. Dan tau gak sih, hati yang sakit itu berpengaruh banget sama seluruh metabolisme tubuh kita. Gak percaya? Coba aja ciri-in teman-teman disekitarmu yang jago banget ngomongin dan cari kejelekan orang lain, selain wajah yang kelihatan banget kusam (meski dibalik dempul tebal), keadaan emosi merekapun sangat labil, gak ada ketenangan. Begitu sih rata-rata orang yang aku kenal suka menjelek-jelekan orang lain.

Sehat dalam pandangan saya -sebagai ibu rumah tangga yang daily life nya gak seindah dan seteratur kehidupan wanita karier- ya cara praktisnya dengan menjalani kehidupan yang gak neko-neko aja. Punya life goals yang positif, makan-makanan halalan thayyiban, selalu positif thinking, dan gak usil sama kehidupan orang lain qiqiqi..

Terus apalagi ya, bikin tulisan kali ini kok ya speechless banget ya. Lagi kecapekan ini, otaknya habis digempur demi menyelesaikan banyak tugas. Mungkin saya akan menuliskan ala kadarnya dulu, semoga nanti kalau sudah fresh lagi, saya akan perbaiki tulisan di tema ini.

Baiklah, tips hidup sehat lain nya yang bisa saya tuliskan kali ini adalah sebagai berikut:

1. BANGUN PAGI

Saya mengawali hari dengan bangun pagi. Seenggaknya jangan lewat jam 6 pagi, jam 6 pagi ini udah masuk golongan kesiangan. Bangun pagi membuat kita memiliki jeda sebelum beraktifitas, kita bisa mandi, dandan, dan leyeh-leyeh dulu sebelum ‘gelut’ dengan aktifitas sehari-hari. Konon, orang yang senang bangun pagi suasana hatinya akan mudah bahagia.

2. MINUM AIR PUTIH DIPAGI HARI

Begitu bangun pagi yang saya cari bukanlah ponsel maupun gadget lainnya. Saya cari segelas penuh air putih, dan meminumnya. Minum air putih saat perut kosong akan membantu membersihkan tubuh dari zat-zat yang tidak diinginkan. Buat yang pengen kulitnya putih bersih secara alami, yook rajin-rajinlah minum air putih, terlebih dipagi hari.

3. RAJIN BERWUDHU

Setelah selesai berurusan dengan segelas air tadi, yuk kita ambil air wudhu dan menyegerakan waktu shalat subuh. Saya sih belum nemu penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa rajin berwudhu bisa mencerahkan wajah, namun, bisa dilihat deh, orang-orang yang senantiasa menjaga wudhu nya, wajahnya terlihat cerah dan bercahaya. Gak percaya, udah deh buktiin aja sama diri sendiri, yook rajin wudhu (dan shalat), lihat aja wajah kamu bakal bersih bercahaya tanpa walau tanpa polesan make-up.

4. MENGHINDARI DEBAT KUSIR DAN BERBAGAI PENYAKIT HATI

Kalau ini sayapun masih terus mengupgrade diri, meneladani Rasulullah dan banyak figur-figur diluar sana. Mereka yang hatinya baik akan tercermin dari wajah yang cerah dan tubuh yang sehat. Karena sehat itu bukan cuma perkara fisik aja, psikis juga perlu dijaga kesehatannya.

#BPN30DayChallenge2018
#BloggerPerempuan

HENNY F LESTARI