Semenjak jadi ibu rumah tangga, barang favorit yang paling seneng banget dikoleksi adalah -apalagi kalau bukan- perabot rumah tangga hehe.. Salah satunya adalah aneka jenis Food Container. Selain memudahkan saya menjaga ‘workshop pribadi’ (baca: dapur, sumur, kasur) tetap rapih, Food Container juga memiliki banyak manfaat lain. Jadi pada tulisan kali ini saya ingin mereview beberapa produk colorful nya Claris, yuk pantengin terus..

Awalnya saya adalah tipe emak-emak yang perfeksionis, gak suka banget liat barang dirumah berceceran, namun setelah punya anak lelaki tampan, shaleh nan super aktif, saya mau tidak mau akhirnya menurunkan standar kerapihan saya atas berbagai hal dirumah, agar tetap waras membersamai si bocah super aktif itu. Dengan solusi “beberes gak perlu berkali-kali” maka saya mensiasati sistem penyimpanan aneka barang dirumah dengan menyediakan pos pos khusus dengan memanfaatkan Food Container ada dirumah.

Nah, akhir tahun kemarin saya baru saja mendapat kiriman hadiah Food Container dari Claris. Alhamdulillah, nambah koleksi wadah dirumah, kebetulan juga saya sedang butuh banyak wadah demi mencanangkan gerakan “rumah rapih, bunda hepih” hehe..

Salah satu kegiatan favorit saya adalah beberes isi kulkas, yang tentu saja berisi makanan dan cemilan untuk Suami dan Anak tercinta. Isi kulkas yang seringkali kelihatan jorok banget, kini lebih rapih berkat keberadaan Food Container.

MANAJEMEN ISI KULKAS



Mengatur penyimpanan isi kulkas itu penting buat saya yang –kudu- masak tiap hari ini. Selain sebagai penyimpanan bahan makanan mentah, kulkas juga saya gunakan untuk media penyimpan makanan matang, susu, ice cream, dan makanan sejenis allergen yang bahaya juga kalo nyimpen nya disatuin gitu aja, khawatir seluruh jenis makanan malah jadi lebih cepat busuk, padahal alasan utama saya memanfaatkan kulkas adalah agar makanan lebih awet dan tahan lama, maklum emak-emak seneng sama sistem irit-iritan.

Maka untuk mensiasati agak semua makanan tetap terjaga kualitasnya, saya memiliki tips-tips berikut ini :

1. Pisahkan jenis sayuran, daging mentah juga yang beraroma menyengat.

2. Untuk sayuran sperti bayam dan kangkung, siangi terlebih dahulu, tanpa dicuci simpan dalam kantung plastik bening, Cara ini bisa membantu sayur tetap segar untuk 1-2 hari.

3 Untuk daging, ayam dan bahan makanan beraroma menyengat simpan dalam food container, tutup rapat, simpan dalam chiller. Biasanya makanan tersebut bisa awet selama 3 hari lebih.

4. Untuk makan matang, gunakan juga food container, agar tidak saling mencemari dengan makannan lainnya.

Intinya, semua makanan & minuman baik mentah ataupun mateng, akan jauh lebih terjaga kualitasnya jika disimpan dengan teknik yang tepat dan wadah yang bersih dan tetutup rapat.


MANFAAT MENGGUNAKAN FOOD CONTAINER

Jadi intinya saya benar-benar terbantu sekali dengan adanya Food Container. Selain untuk menyimpan makanan, barang barang lain seperti mainan anak, alat tulis, dapur, dsb juga bisa terorganisir dengan baik dengan wadah tersebut. Berikut manfaat lainya dari Food Container :

1. Terorganisir, mempermudah mengatur dapur agar lebih rapi.

2. Hemat Ruang, menghemat tempat agar bisa ditumpuk.

3. Higienis, makanan yang bersih dan tetutup rapat kualitas nya dapat terjaga lebih lama karena  tidak terkontaminasi bakteri dari luar.

4. Zero Waste, karena terbuat dari plastik yang tebal seingga dapat dimanfaatkan berulang-ulang.

6. Kulkas dan berbagai lemari penyimpanan jadi lebih mudah dibersihkan.


TIPS MEMILIH FOOD CONTAINER

As I said before, dirumah, saya menggunakan banyak Food Container untuk berbagai keperluan ‘perang’ ala ibu rumah tangga, berdasarkan pengalaman saya merekomendasikan Produk – Produk Claris karena :

1. Terjangkau. Saya gak malu pakai yang murah tapi berkualitas karena harga yang masuk akal itu penting buat emak-emak ‘doyan jajan’ macam saya, penting buat beli yang lain hehe.. Ini wadah yang saya butuh dengan jumlah yang banyak lho, maka berusahalah bijak cari yang terjangkau.

2. BPA free. Kandungan BPA jelas sangat berbahaya meski gak kerasa efek nya dalam jangka pendek, awalnya saya gak tau kalau ada jenis wadah plastik yang aman juga jika dipanaskan ke dalam microwafe, nah Claris ini BPA Free dan aman jika dipanaskan.

3. Tahan lama, Warna gak cepat pudar, dan Ramah lingkungan.

4. Stackable. Mudah ditumpuk sehingga menghemat ruang.

5. Warna, Bentuk dan Ukuran yang bervariasi.

Demikianlah review saya kali ini mengenai produk food container dari Claris. Semoga bisa mencerahkah ibu-ibu semacam saya yang suka galau urusan beberes hehe..

Sampai jumpa di tulisan selanjutnya..

HENNY F LESTARI