Bisnis yang sedang saya tekuni, aneka cemilan khas lebaran.

Saya adalah seorang mompreneur, yaitu seorang ibu penuh waktu yang disambi menjalani bisnis kecil-kecilan dari dalam rumah. Bidang bisnis yang saya geluti sejak 2015 adalah usaha penjualan makanan khas lebaran seperti aneka kacang, cookies dan cokelat praline. Jangan bayangkan saya memiliki toko besar dengan etalasi berjajar, saya hanya memasarkan produk saya melalui toko online. Ya, meski omset yang saya dapatkan perbulannya cukup menjanjikan, kisaran 10 s.d 15 juta rupiah perbulan, namun hingga saat ini saya belum berniat mempunyai toko fisik, karena kekurangan saya adalah tidak bisa mempromosikan produk secara ofline, dan daya beli masyarakat yang rendah di lingkungan sekitar saya tinggal.

TIPS SUKSES MENJADI MOMPRENEUR

Aktifitas membersamai anak merangkap usahawati.

Dengan peran saya sebagai ibu penuh waktu, yang tentu saja kelihatannya punya banyak waktu luang disela-sela kesibukan saya dalam mengurus rumah tangga, sudah merupakan salah satu hal yang menunjang saya menjalankan bisnis online dari dalam rumah tanpa mengabaikan kewajiban utama sebagai ibu.

Tidak mudah memang, menjalankan banyak peran dan tanggung jawab sekaligus sebagai ibu, istri juga entrepreneur, tanpa mensiasati semua hal tersebut dengan beberapa tips yang biasa saya jalani, yaitu:

1. MANAJEMEN WAKTU

Meski kelihatannya jadi ibu rumah tangga itu lebih punya banyak waktu luang namun nyatanya ketika benar-benar berada dirumah justru waktu akan terasa sangat semrawut karena tidak seperti orang bekerja yang waktu kerjanya sudah ditentukan oleh perusahaan. Maka saya sebagai ibu perlu memanajemen waktu dengan baik, memisahkan antara waktu bekerja diranah domestik juga waktu ketika bekerja diranah publik (usaha). Solusinya adalah membuat ‘kandang waktu’, yaitu, mengelompokan jenis pekerjaan serupa dalam satu waktu, sehingga waktu akan lebih terprogram, kapan waktu mengurus rumah tangga dan kapan kapan waktu mengurus usaha. Jadi saya bisa menjalankan aktifitas secara professional di jam-jam yang sudah saya tentukan dengan regular, baik sebagai ibu, maupun sebagai entrepreneur.

2. MANAJEMEN KEUANGAN

Ini pernah menjadi masalah saya yang tak kunjung menemukan solusi, memegang dua jenis keuangan yang krusial bagi saya sungguh merepotkan jika tidak sengaja tercampur antara dana hasil usaha dengan dana rumah tangga, sehingga meskipun omset kelihatannya besar namun laba usaha tak kunjung terlihat hilalnya. :D

Oleh karena itu meskipun terlihat urusan yang sungguh remeh, memiliki manajmen keuangan yang baik merupakan suatu keharusan sebagai usahawati professional agar kita mampu mementau sejauh mana usaha kita berkembang. Bukankah jika usaha yang terlihat berkembang baik hasil keuntungannya akan semakin membuat kita semangat untuk terus melebarkan sayap usaha.

3. MENEKUNI HAL YANG DISUKA

Saya pernah menjalani suatu pekerjaan yang tidak saya senangi, hanya ikut-ikutan tren, sama sekali tidak ada hal baik yang saya dapatkan, jalanin nya juga ogah-ogahan, tidak berkah dan hanya lelah yang didapat. Keluarga juga tidak terurus dengan baik.

Itulah alasan mengapa kita harus menjalani jenis pekerjaan yang kita senangi karena dalam bisnis itu ada naik, ada turun. Ada sukses, ada down nya juga. Dengan menjalani apa yang kita senangi maka akan timbul rasa cinta, bertahan dan konsisten terhadap apa yang kita jalani. Meski dalam keadaan apapun kita akan tetap semangat untuk terus menggeluti bidang usaha yang kita senangi.

4. MENJAGA KOMUNIKASI DENGAN KELUARGA

Hal lumrah yang menjadi kendala mainstrim saya sebagai ibu sekaligus entrepreneur adalah sulitnya memberi pemahaman ke anak ketika saya sedang berada dijam saya mengurusi keperluan usaha atau ketika sedang menjawab pertanyaan konsumen.

Jika anak yang suda besar mungkin akan mudah bagi saya mengkomunikasikannya mengenai perlu nya saya minta sedikit waktu untuk mengurusi usaha, namun untuk anak yang masih kecil terkadang saya cukup memutar otak agar bisa menyampaikannya dengan baik ke anak yang baru saja belajar mengenal bahasa. Alternatifnya, bisa juga saya siapkan jenis-jenis mainan dan buku-buku edukatif yang menarik guna menemani anak saat saya mengurusi urusan usaha.

KEUNTUNGAN MENJALANKAN BISNIS ONLINE DARIPADA OFFLINE

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, lingkungan tempat saya tinggal kurang memiliki daya beli yang menggiurkan. Oleh karena alasan itulah saya tidak memiliki kepercayaan diri untuk menjalankan bisnis dengan membuka toko fisik (toko offline). Selain itu modal yang pas-pasan, rasa-rasanya juga salah satu hal yang menghambat saya merealisasikan untuk memiliki toko fisik.

Nah, dengan kekurangan itulah saya kemudian punya inisiatif memulai usaha online yang ada akhirnya menuntun saya mencapai cita-cita saya menjadi seorang ibu yang merangkap usahawati (mompreneur).

RESOLUSI BISNIS DI TAHUN 2019 DENGAN RALALI


Ralali tampilan aplikasi seluler.

Seperti orang kebanyakan, sebagai mom sekaligus entrepreneur, tentu memiliki resolusi bisnis disetiap awal tahun yang baru ini. Seperti memperluas pemasaran, menambah stok penjualan, menyewa gudang sekaligus tempat usaha` dan mencari vendor atau produsen bahan baku yang lebih murah tapi tetap berkualitas, terlebih jika bisa menekan biaya ekpedisi dengan memilih vendor yang letaknya dekat dengan tempat saya tinggal merangkap tempat berbisnis.

Nah, untung ada ralali! Ralali sebagai website yang tepat untuk berbelanja kebutuhan usaha dengan mudah dan harga yang kompetitif.

APA ITU RALALI?


ralali tampilan PCbrowser

“ralali adalah platform belanja kebutuhan bisnis pertama di indonesia. Kami menghubungkan jutaan vendor dan UMKM agar mereka dapat memulai dan mengembangkan bisnisnya” (sumber: ralali)

Ralali adalah B2B online marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam kategori bisnis, mulai dari kebutuhan produk MRO (Maintenance, Repair and Operation), HoReCa (Hotel, Restaurant & CafĂ©), dan lainnya. Kini ralali sudah memiliki 10.000 Loyal Customers, lebih dari 1200 vendor, 75.000 produk, dan lebih dari 100.000 unique visitors setiap bulannya dari seluruh Indonesia. Ralali menyediakan beragam kategori produk mulai dari Automotive Equipment, Electrical, Environmental, GPS, Machine Tools, Medical Devices, Power Tools, Safety Equipment, Sanitary, Test and Measurement, Work Tools, dan Home and Kitchen Appliances. Beragam produk tersebut ditujukan bagi skala perusahaan maupun kalangan end-user. (sumber: newsralali)




Ralali mempunyai visi untuk menjadi platform bisnis terbaik yang menghubungkan dan memberikan solusi bagi para pebisnis melalui teknologi digital.

Misi Ralali adalah untuk menjembatani pebisnis sukses melalui teknologi digital, mengembangkan teknologi digital yang handal dan user-friendly yang dapat dijadikan platform bisnis unggulan berkelas dunia, mengembangkan SDM yang handal di bidang teknologi digital & bisnis, dan membangun ekosistem pebisnis ke dalam Ralali.





Ralali berasal dari ungkapan bahasa Jawa "Ora Lali" yang berarti "tidak lupa", "Tidak Terlupakan" (sumber: ralali)


 

KEUNTUNGAN BERGABUNG DI RALALI

1. Tanpa Biaya Jadi Penjual
Bergabung di Ralali tidak akan dikenakan biaya sepeser pun, alias gratis.

2. 0% Biaya Komisi
Tidak hanya mendaftar saja, namun ketika produk kita berhasil terjual pun tidak akan dikenakan biaya komisi dan margin.

3. Website Toko Online Sendiri Dengan Seller Panel dan link URL Toko
Aplikasi Seller Panel yang praktis, aman dan cepat dengan sistem manajemen transaksi dan pengaturan produk sesuai dengan kebutuhan kita. Selain itu Ralali akan memberikan link special untuk toko kita www(dot)ralali(dot)com/v/[nama-toko]

4.Keamanan Pembayaran Dana
Jaminan kepastian pembayaran mudah dan cepat dalam 4 hari kerja melalui sistem pembayaran melalui ATM dan internet banking yang telah didukung oleh bank – bank ternama.

5. Jasa Ekspedisi Pengiriman Produk Ke Seluruh Indonesia
Ralali mempunyai jaringan pengiriman luas yang bekerjasama dengan ekspedisi terpercaya dengan kalkulasi ongkos kirim yang akurat ke penjuru seluruh Indonesia.

6. Gratis Kemas Paketan Pengiriman Anda Dengan Ralali Stater Pack
Ralali menyediakan kemasan paket pengiriman produk dengan rapi dan aman yang akan dikirimkan ke alamat toko kita

7. System Escrow dan Transaksi Offline
Ralali memiliki sistem yang terintergrasi dengan aman, mudah dan terpecaya. Selain itu kita bisa melakukan transaksi langsung dengan Purchase Order antara pembeli dan penjual.

8. Channel Promosi Online & Offilne Yang Luas
Ralali akan mempromosikan produk kita baik itu secara Online atau Offline seperti pameran industrial dan pameran lainnya.

9. Operational Care Team
Tim Operational Care Ralali sangat responsif. Kita dapat menghubungi Ralali melalui live chat di halaman depan website, email dan call center selama jam kerja pukul 8.30 s.d 17.30 dari Senin s.d Jum’at.

10. Seller Incubator Gratis
Apabila telah bergabung dengan Ralali Online B2B Marketplace, kita akan diberikan fasilitas edukasi dalam mengembangkan bisnis Online dengan mudah dan praktis yang didukung oleh trainer yang sudah berpengalaman. Dengan demikian Omzet penjualan bisa meningkat.

Dengan hadirnya ralali, # IniSaatNya saya semakin terbantu dalam melebarkan sayap usaha pada # ResolusiBisnis2019 ini.

Yuk Gabung sekarang juga, menjadi seller ralali!