SERU, RAYYAN IKUTAN PLAYDATE BERSAMA #PLAYDATEIPTANGKOT



Minggu kemarin, tepatnya Minggu, tanggal 10 Maret 2019, saya mengajak Rayyan mengikuti playdate yang diselenggarakan oleh tim Rumah Belajar (Rumbel) Playdate IP Tangerang Kota. Ini kali kedua saya mengenal kegiatan playdate, yang pertama kali adalah kegiatan Playdate Ramadhan di tahun 2018 kemarin, yang juga diselenggarakan oleh IP Tangkot.

Saya pribadi jarang sekali bersosialisasi apalagi sama tetangga qiqiqi.. Namun sepertinya Rayyan lebih menuruni sifat ‘easygoing’ milik ayahnya. Maka bagi saya menghadirkan lingkungan ramah sosialisasi buat Rayyan merupakan tantangan ‘menggemaskan’ buat saya, yang kini harus berdamai dengan sifat introvert saya.

Buat anak-anak, bersosialisasi itu perlu sih. Merupakan salah satu kemampuan atau fitrah dasar yang dimiliki setiap anak yang terlahir kedunia. Maka tanggung jawab orang tua untuk bisa membekali serta mengarahkan fitrah keterampilan sosial tersebut dengan cara serta dukungan lingkungan yang baik. Maka mengikuti acara sejenis playdate adalah satu solusi.

Playdate adalah acara bermain bersama yang dihadiri oleh dua anak atau lebih serta didampingi oleh orang tua. Istilah Playdate sangat tren dalam budaya masyarakat Amerika Serikat. Acara bermain bersama ini sudah diatur terlebih dahulu oleh orangtua anak-anak yang ikut. Anak-anak yang ikut akan belajar untuk berbaur dan berinteraksi bersama. (Sumber : orami)

RAYYAN DAN PLAYDATE



Apa manfaat yang Rayyan dapatkan dari beberapa playdate yang pernah ia ikuti? Alhamdulillah, Rayyan menang banyak!

Pertama kali Rayyan antusias ingin tahu banyak mengenal apa itu bulan Ramadhan, pertama kali Rayyan bisa menggunakan gunting dengan baik untuk menggunting kertas, dimana Rayyan mau duduk manis, belajar, atau kegiatan crafting, momen dimana ia ketemu banyak temen main baru, semua adalah ya.. ketika ia mengikuti acara Playdate kayak gini.

Ah, cuma ‘kemampuan menggunting kertas’! Eh jangan salah, belajar melakukan hal sekecil apapun bagi anak usia batita, akan baik sekali jika kesan pertama yang didapat adalah pada momen-momen yang baik seperti acara kumpul-kumpul bersama teman-teman seperti ini. Mengingat Rayyan adalah tipe anak pembelajar yang lebih senang belajar sambil gedebag-gedebug, bukan tipe anak yang seneng duduk, diem, dan nyimak. Bagi ibu yang punya anak ‘menggemaskan’ kayak saya, you know what I feel.. *yihaaa!

Itulah mengapa saya sangat mendukung sekali adanya acara-acara Islamic Playdate seperti ini.

PLAYDATE : TIK TIK HUJAN RINTIK



Seperti yang tertulis pada judulnya, playdate kemarin bertema hujan. Selain memperkenalkan anak-anak pada proses ilmiah bagaimana terjadinya hujan, playdate tersebut juga membangkitkan fitrah keimanan anak melalui dongeng, pembacaan ayat serta doa ketika hujan turun.

Pada awal acara Playdate ini, Rayyan bersama teman-teman juga para bunda-bunda diajak untuk bergerak dan menyanyikan lagu tentang hujan bersama Bunda Ismi.

Kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan cerita tentang siklus hujan bersama Bunda Tyas. Terlihat wajah anak-anak yang sangat fokus menyimak cerita yang juga dapat membangkitkan fitrah keimanan.

Disela ceritanya, Bunda Tyas membacakan satu surat dan ayat yang tercantum di Al Quran tentang Hujan. Yaitu tentang proses penciptaan hujan yang ada di Quran Surat An Naba' ayat 14,

"… dan Kami turunkan dari awan, air hujan yang tercurah dengan hebatnya," (QS: An-Naba’ ayat 14)”

Serunya, pada sesi ini anak-anak tak lupa diajak membacakan ayat tersebut secara bersama-sama.

Agenda terakhir yang juga tak kalah menyenangkan adalah membuat hasta karya awan dan hujan. Motorik halus anak makin terasah di kegiatan ini. Tak hanya itu, bonding dengan ibu juga makin terjalin kuat. (Sumber : akun IG @ibuprofesionaltangerangkota)



Seru banget ya kegiatan playdate yang diadakan di 
@ibuprofesionaltangerangkota ini?

IP Tangerang Kota setiap bulannya mengadakan acara playdate serupa lho! Dalam satu bulan bisa diadakan beberapa kali playdate, dan acaranya pun tidak melulu disatu tempat, sehingga membuat acara menjadi lebih banyak kesan beragam bagi anak-anak maupun ibu peserta playdate. Dibulan Maret ini sudah ada 3 kali playdate seru yang diselenggarakan di 3 lokasi berbeda, yaitu Kelapa Dua, Cimone dan Cipondoh. Untuk jadwalnya selengkapnya bisa di cek di aku IG @ibuprofesionaltangerangkota yang khas dengan hestek #IPTangKotPunyaKita  #IPTangKotKerenJasa. Playdate ini rencananya akan lengkap tersebar diseluruh kawasan yang mencakup kawasan Tangerang Kota dan Tangerang Kabupaten.

Buat para Bunda yang suka dengan kegiatan kumpul-kumpul bermanfaat, yuk ikutan playdate ini! Anak bisa bermain, belajar, besosialisasi, sembari memupuk fitrah keimanan. Bundanya pun bisa me-time, mengkoleksi ilmu, juga berkumpul dengan teman-teman sesama ibu pembelajar. Segera daftarkan ananda dan ikut playdate bersama @ibuprofesionaltangerangkota



“Bunda, liat dedek bikin hujan Nda” ucapnya bangga sembari memamerkan hasil karyanya. Terimakasih #playdateiptangkot..!

0 Comments