SERUNYA WEEKDAYS MOTORAN KE RAGUNAN



Jadi cerita nya hari Selasa lalu merupakan hari yg berat, sehingga minta suami buat cuti dihari Rabu agar kami bisa sedikit 'keluar' dari rutinitas. Begitu permintaan cuti was accepted, paksuami mikir keras, akan kemana kita, seharian? Beliau terbersit suatu tempat yang finaly kita kunjungi dadakan keesokan harinya.

Sejak hadirnya si cute rounded eyes, anak lanang semata wayang kami : Rayyan, melengkapi keluarga kecil kami, saya dan suami selalu ragu-ragu untuk ngetrip kayak jaman muda dulu, khawatir capek, anak rewel dan gak bisa menikmati perjalanan.

Sehingga trip jauh hanya berlaku jika : (1) dengan persiapan panjang dan matang, (2) naik kendaraan umum atau naik mobil pribadi, (3) trip bersama keluarga besar, biar ada yang bantu momong qiqiqi.., (4) sedang musim mudik lebaran.

***Next post, izinkan saya mereview pengalaman mudik kami ya, gak janji, tapi niat banget sih *gakjelas *tuman *tabok :D

Rabu, 13 Maret 2019 kemarin, kami akhirnya family time ke Ragunan. Keputusan mendadak tersebut justru akhirnya mengantar kami menepis segala keraguan ‘main agak jauh dikit’. All gadget were unactivated, all day. And Alhamdulillah-nya we got so much fun there! 

Well okay, let's talk about Ragunan!

Kami berangkat 09.00 pagi, tujuan pertama adalah warung ayam penyet dikawasan Metropolis Town Square Cikokol Tangerang, sengaja kami membeli bekal makan siang terlebih dahulu, karena khawatir di Ragunan keteteran mencari makan siang. Niatnya memang benar-benar menghemat waktu dan energi agar siap membersamai anak disana. Jadi kami pilih beli bekal yang pasti-pasti aja, yang jelas enak dan terjangkau.

Kemudian berangkat deh langsung menuju Ragunan. Kita pilih rute via Tangerang Selatan, berhubung kita ada di Cikokol. Nah, ke jakarta melalui rute ini agak kaget juga ternyata, gak perlu lama-lama kita ada dijalur gersang kayak lewat Kali Deres sana, nice experience lah ya, lumayan ada yang bisa diceritain mah.

Waktu yang ditempuh dalam perjalanan menuju ke Ragunan adalah kurang lebih 2 jam melalui rute Tangerang Selatan. Dan perjalanan pulang menuju lokasi kami tinggal yaitu Tangerang Kota, melalui jalur yang sama seperti berangkatnya tadi kurleb 1.5 jam, lebih cepet, karena pulangnya gak pake nyasar hihiy..

Nah, kita baru tau juga nih, situasi ke Ragunan pas weekday, bukan pas momen libur panjang tuh ternyata nyari pintunya sempet bingung. Sempet nanya sama penduduk sekitar, kita harus masuk ke gang kecil dulu, gang anggrek namanya kalo gak salah, lurus aja ngikutin jalur, finally kita ketemu sama pintu gerbang utamanya Ragunan.

RAGUNAN ALTERNATIF LIBURAN MURAH (PAKE BANGET)

Gimana gak murah coba, lahan wisata berhektar-hektar kayak gini, biaya tiket masuk (HTM) nya gak sampe goceng perorang. Padahal kayak apa tau itu, merawat hewan dan menjaga keasrian Ragunan seheboh apa. Terimakasih lah pokoknya buat PemDa setempat, keren!

Berikut rincian biaya yang hanya kami keluarkan untuk bisa menikmati indahnya wisata kebun binatang Ragunan :

1. Parkir, ini sepertinya harga tiket parkir yang diperuntukan kendaraan yang kita bawa. Berhubung kita bawa motor, kita dikenakan biaya 3000,-. Alhamdulillah, kita gak lupa bawa JakCard Bank DKI yang ternyata saldonya masih bisa dipakai. Padahal itu kartu kita dapetin pas ke Ragunan 2 tahun yang lalu.

2. Kami sempatkan isi ulang saldo JakCard senilai 50.000,- lalu dipotong HTM senilai 4.500,- x 3 = 13.500,- total tiket yang terpotong.

3. Di dalam lokasi wisata, dengan sisa saldo di Jakcard kami sempatkan pula membeli minuman dingin pada mesin minuman yang disediakan oleh Ragunan, ini memudahkan sekali, kami gak perlu repot bawa minum dari rumah. Gak berat ditas, minumanpun dingin langsung dari ‘kulkasnya’. Karena kami memilih Frestea, Tebs dan Aqua, total saldo terpotong 8.000-, + 8.000-, + 5000-, = 21.000-,

4. Naik kereta karater Tayo atau hewan-hewan khas Ragunan dengan harga tiket 10.000,- x 3 = 30.000,-

5. Masuk ke Taman Satwa Anak (Children Zoo) dengan memotong saldo JakCard senilai 2.500,- x 3 = 7.000,-

6. Menebus foto diluar wisata senilai 25.000,- (untuk yang ini sebaiknya gak perlu sih, berasa kesian aja sama foto yang sudah terlanjur tercetak, khawatir fotonya terbuang atau terinjak, duh repot jadi orang baperan kayak saya)

7. Bensin, ini saya gak jelas berapa liter pemakaiannya. Sepertinya ini bukan urusan saya qiqiqi.. Kira-kira di isi full tank saja biar aman, di trip kita kemarin isi bensin cuma pas perjalanan pulang saja.

Dengan sisa saldo JakCard senilai 8.500-, ini kita angap a little saving buat our next visit. Jadi total biaya yang keluar cuma 99.500-, pemirsaah gak sampek cepek kita udah bisa having fun sekeluarga tanpa uring-uringan. Ini sebuah pencapaian bagi kami qiqiqi.. Sebuah awal yang baik buat berani ‘ngetrip agak jauh’ lagi. Alhamdulillah gak bikin kapok.

THINGS TO BRING TO RAGUNAN'S TRIP BY MOTORCYCLE

Jadi biar bisa hemat dan enjoying the trip, bener-bener fokus nikmatin perjalanan, saving cost, saving energy jugak, kita punya list, daftar barang bawaan wajib yang kudu dibawa ketika berpergian ‘agak jauh’ motoran bersama keluarga kemarin, terutama anak yang masih kecil. Kita gak mau kalo fun vacation yang kita inginkan malah pulang-pulang pada kecapean apalagi sampe meriang. Berikut barang bawaan wajib kami :

1. Safety ride : helm, masker, sarung tangan (khusus ayah), kaos kaki, sepatu (khusus Rayyan), jaket dan topi.

2. P3K : Curcuma Plus (diminum sebelum Rayyan berangkat) Tolak angin untuk Ayah Bunda dan Tolak Angin anak untuk Rayyan (diminum sebelum pulang), Minyak Kayu Putih.

3. Bekal : 2 paket nasi + lauk, 1 botol air mineral, 3 kotak susu UHT kecil, buah/rujak (ini beli dijalan), pisang dan roti yang kita bawa juga kemarin gak kemakan, udah kebanyak bekel kek nya :D

4. Tentu saja JakCard, jika tidak bawa JakCard kita bisa beli lagi sih, cuma mubazir aja sih, berusaha memanfaatkan yang sudah dimiliki jauh lebih feeling zero waste. Jangan lupa juga ID Card lengkap, jangan sampe ketangkep pak pulisi karena kelalaian kita tidak mebawa surat-surat penting.

5. Uang cash dan alat komunikasi seperti smartphone yang juga berfungsi sebagai GPS. Kamera dan tongsis juga bisa dibawa jika diperlukan. Trip kemarin kami hanya memanfaatkan smartphone, lebih ringkas dan aman buat emak-emak rempong macam saya.

Seluruh barang bawaan, saya kemas hanya dalam satu tas saja, yang bergantian saya dan paksuami bawa. Sepanjang trip didalam wahana, paksuami yang membawa tas, saya hanya bertugas membawa tas hanya pada saat diatas motor.

FUN THINGS WE CAN DO IN RAGUNAN

1. Gak usah ditanya ya Ragunan se-instagramable apa? Intinya, berfotolah sepuasnya. Pemandangan luas, asri nan hijau terbentang luas, gak bisa kita temui disembarang tempat. Jangan ketinggalan juga selfi-lah bareng sodara seperhewanan disana #sodarajauh qiqiqi.. Oiya, jika sudah membawa kamera sendiri, tidak perlu menebus foto yang di iming-imingkan diluar wisata nantinya.

2. Piknik, berhubung bawa bekel kumplit, hal pertama yang kami lakukan begitu memasuki wisata adalah makan. Bagi yang suka lesehan gelar tikar, asik juga lho! So sweet lah sembari foto-foto keluarga atau prewedding qiqiqi.. Kami kemarin, karena gak bawa tiker, kami makan di sebuah gazebo.

3. Mengenal bermacam jenis hewan, ini harusnya yang utama ya, ngapain jauh-jauh ke kebun binatang kalo ketemu hewannya aja enggak. Bagus buat sarana edukasi anak yang menyenangkan.

4. Naik kereta, ini sih kek wajib ya, soalnya capek juga kalo harus ngiderin, keliling Ragunan jalan kaki.

5. Sewa sepeda, bagus juga buat mempermudah mengelilingi Ragunan. Tapi kemarin kita gak sempetin sewa sepeda, soalnya gak bisa gonceng Rayyan juga. Sewa sepeda dibandrol dengan harga sewa 15.000,- s.d 20.000,- per unit, tergantung jenis single atau tandem.

6. Children Zoo (Taman Satwa Anak), seperti namanya wahana ini tentu yang paling kids friendly. Pas banget buat anak-anak, Rayyan paling seneng disini, all he need is here. Ada hewan-hewan jinak seperti ayam, kambing, kelinci, burung dan ikan, bisa sembari memberi makan juga lho. Ada wahana playground dan outbound jugak, wah seru deh. Anak asik main, emak bapak bisa nyantei sembari tetep ngawasin bocah.

7. Jalan-Jalan Santai, ini berkesan banget buat saya, gak feeling capek sih, sekena nya aja. Bisa jalan bergandengan tangan sama suami, menciptakan hormon cinta tersendiri buat kami, ngisi tangki cinta buat terus excited menjalani dinamika rumah tangga. Sadar-sadar anak udah ketinggalan jauh, eeealah! #wkwkwk ini becanda ya! Keep the eyes open to your children, even it was so much loves make your intelligence out.

Selain yang saya sebutkan diatas, masih banyak lagi sih, beragam hal menyenangakan yang bisa dilakukan di Ragunan. Seperti sensasi menunggangi hewan (onta, gajah, kuda, delman), atraksi ular, gajah dan hewan primate. Dan banyak lainnya. Moga next time bisa melengkapi daftar fun things to do ini.

Jadi kira2 sudah 5x saya, nengokin sodara di Ragunan ini. Dan kali kelima ini, adalah yang paling berkesan. Karena baru kali ini ke Ragunan pas weekday, leluasa banget, sumpah laa inyong! Berasa rumah sendiri, berasa Ragunan milik berdua ((sama gorilla)) qiqiqi..


Berhubung udh 5x kemarih, dari masa ke masa Ragunan image nya sama di mata saya, dan yg kali kelima ini, bedaaa! I never thought itu would be as exciting like this. I actually didn't know that there were many simple fun things that we could enjoy there when it was quite of visitor. #keminggris disit laa

2 Comments

  1. Enak sekali mbak wisata keluarga ke Ragunan bisa liat banyak hewan....saya udh lama skali nggak ksana jadi kangen Ragunan. Dulu ksananya waktu liburan di rumah pak de di Mampang jadi dekat

    ReplyDelete
  2. Wah segera ke sana Mas, lain dulu lain sekarang lho, saya juga cukup kaget sama perubahan Ragunan yang sekarang *apa saya aja yg katrok ya? hehehe..

    btw, terimakasih sdh mampir :)

    ReplyDelete