Foto : Google

APA ITU KELAS MATRIKULASI?


Baik, sebelum ngoceh-ngoceh gak jelas, ada baiknya saya memperkenalkan terlebih dahulu apa itu Kelas Matrikulasi salah satu istilah yang dikenal dalam Institut Ibu Profesional.


Program matrikulasi adalah program persiapan untuk para ibu dan calon ibu yang ingin bergabung di komunitas Ibu Profesional. ​Program ini bertujuan untuk membuka wawasan, menyamakan frekuensi para ibu pembelajar, calon Ibu Profesional.​

A. Kelas Pra Matrikulasi (Foundation)

Sebelum memasuki kelas matrikulasi, para ibu pembelajar akan digiring ke ‘ruang’ foundation ini. Kelas ini akan berlangsung selama 2 minggu dan akan dipandu oleh para wali kelas di  kota regional. Peserta akan mengenal lebih dekat dengan para wali kelas, mengenal ibu profesional beserta valuenya, serta seputar teknis belajar di program matrikulasi.
B. Kelas Matrikulasi

Nah, inilah kelas matrikulasi. Kelas ini akan berlangsung selama 15 minggu, peserta akan banyak belajar, banyak banyak berbagi ilmu dan banyak berjejaring.  Setiap kelas dipandu oleh seorang fasilitator. Seperti halnya sekolah, di kelas ini akan diberikan materi-materi yang luar biasa bernilai (bagi saya pribadi). Kelak, dikelas resminya kita gak kagok lagi buat makin menempa diri dengan banyak ilmu.
C. Online To Offline

Kelas ini diselenggarakan secara online dengan platform whatsapp grup dan google classroom. Diantara jeda pembelajaran juga dilakukan kegiatan offline sebagai kegiatan tambahan. Ini adalah pilihan bagi ibu pembelajar, jika ingin merasakan sekolah yang sebenarnya sebaiknya ikut kelas offline. Keseruannya nyata bak disekolah yang sesungguhnya. Namun jika terhalang oleh banyak kegiatan utama domestic maupun public, kelas online bisa jadi alternatif yang memudahkan bagi para ibu pembelajar.

SIAPA PESERTA MATRIKULASI?

Semua perempuan Indonesia baik yang tinggal di dalam maupun luar negeri, tidak terbatas suku, agama dan ras apapun berhak mengikuti kelas Matrikulasi Ibu Profesional:

1 Ibu bekerja di ranah domestik
2 Ibu bekerja di ranah publik
3 Para calon ibu
4 Para perempuan kepala keluarga 

BAGAIMANA CARA MENDAFTAR?

Saya pribadi 2 tahun yang lalu mendaftar melalui Page FB resmi milik IIP, karena kekurangan informasi saya agak muter-muter juga daftarnya. Namun sekarang sepertinya Alhamdulillah mendaftar sudah lebih mudah langsung melalui website resminya : www(dot)ibuprofesional(dot)com/matrikulasi