TIPS MENGATASI LUKA BAKAR PADA ANAK


Ketika itu anak mengalami luka bakar, akibat (tidak sengaja) tersiram air panas (mendidih). Saya berusaha tidak panik (meski memang agak panik :D) dibantu perkuat doa dan zikir untuk anak. Saya punya pengalaman yang barangkali bisa bermanfaat buat Emak-Emak yang sedang mengalami kepanikan seperti yang saya rasakan, berikut tips dari saya :

1. Jangan panik, perkuat doa dan zikir. Allah sebaik-baiknya tempat berserah. Berfikir tenang akan membantu kita focus, dan terhindar dari salah tindakan.

2. Identifikasi terlebih dahulu jenis luka bakar pada anak. Dalam kasus saya, anak tersiram air panas yang masih mendidih didalam panci nya, (luka tingkat dua)

  • Luka bakar tingkat satu, kulit terlihat memerah, nyeri, bengkak, dan kulit kering tanpa adanya lecet. Biasanya sembuh dalam 3-6 hari, kemudian kulit akan mengelupas dalam 1-2 hari setelah terjadi luka bakar.

  • Luka bakar tingkat dua, kulit melepuh dan kemerahan, terasa sangat sakit. Biasanya baru sembuh tiga minggu atau lebih.

  • Luka bakar tingkat tiga, kulit tampak kering dan berwarna putih, warna cokelat gelap terlihat seperti hangus. Kerusakan saraf kadang membuat mati rasa atau hanya sedikit rasa sakit di sekitar luka bakar.

3. 'Tenangkan' area luka bakar dengan menyiram luka bakar dengan air mengalir, Lakukan selama 5-15 menit

4. Beri salep luka bakar, perlahan. Usahakan selalu sedia salep jenis ini ya maak, saya kemaren itu pakai Bioplacenton, dijual di Apotik. (saran apoteker, salep ini disimpan dikulkas)

Source : Google

5. Tutup luka bakar dengan kain kasa steril untuk melindungi luka dari kuman dan mecegah luka semakin parah.

6. Berikan sanmol untuk mengurangi rasa nyeri. Jika terjadi demam dan rewel, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

7. Jangan tempelkan luka bakar dengan es, odol, dan barang-barang yang tidak sesuai anjuran dokter. Karena dapat menyebabkan infeksi pada kulit yang terluka.

8. Jangan tarik paksa, jika ingin melepas pakaian yang melekat pada anak, Emak hanya bisa memotong pakaian yang berada di sekitar luka bakar agar kerusakan kulit tidak terjadi, jika perlu bawa anak ke dokter, bawa dalam keadaan pakaian tetap menempel di kulit yang terbakar.

9. Jangan pecahkan sendiri kulit anak yang sedang melepuh, Bawa ke dokter agar dipecahkan dengan cara yang aman dan steril.

MY MIRACULOUS MOMENT

Senin sore, ba'da ashar. Saat bunda sedang masak, bunda teledor, gak liat ada dedek ikut nimbrung didapur. Padahal beberapa menit sebelumnya dedek lagi duduk manis sama Buti (read: mbah uti). Pas bunda lagi (sok) sibuk ngupasin bawang tiba-tiba bunyi "komprang" diikuti jerit tangis dedek. Astagfirullah, bunda nyesel gak sigap, gak gerak cepat buat angkat dedek.

Setelah sebelumnya sempet panik sampai gerakpun linglung, bunda coba cari solusi, niat hati ini olesin luka bakarmu pakai odol (pasta gigi), tapi ayah melarang bunda. Alhamdulillah, Ayah begitu sigap mencarikan obat ke apotik, sembari bertanya kepada penjualnya, kira-kira obat luka bakar apa yang cocok untuk anak seusiamu, Nak.

Ayah pulang membawa obat berbentuk tube, sejenis salep yang bisa dioles pada bagian luka bakan anak usia 2 tahun, sepertimu. Bioplacenton, salepnya dingin, terlebih setelah sebelumnya ditaruh dikulkas terlebih dahulu, jadi bisa meminimalisir sakit dan panas pada luka bakar dedek. Alhamdulillah..

Kaki dedek jadi luka, pasti perih ya nak, perih juga hati bunda liatnya. Lemes, limbung. linglung. Udah di obatinpun kamu tetep manyun aja, gak ada senyum sampe menjelang maghrib, padahal kamu biasanya sumeh, gampang ketawa. Akhirnya bunda ajak keluar, beli es kiko (favorit kamu). Alhamdulillah dedek gak manyun lagi, ceria lagi, lari-larian lagi (meski tertatih-tatih), ngacak-ngacak rumah lagi. Masya Allah, itulah dedek.. energinya gak abis-abis, rasa kapoknya "senin-kemis"
  
Maafin bunda ya Nak, ini salah bunda. Bunda sudah terbiasa melibatkan kamu dalam setiap aktifitas bunda. Tujuan bunda, biar kami tumbuh jadi anak yang kreatif, berwawasan luas dan mandiri. Dan hal ini akan jadi salah ketika bunda lalai mengawasimu. Ini akan jadi pe-er dan pelajaran buat bunda kedepannya dalam membersamaimu.

Jadilah anak yang kuat dan tegar ya Nak, sehingga disetiap kejadian yang terjadi dalam hidup, akan terlatih dengan baik secara fisik maupun mentalmu. Pahamilah dengan baik bahwa segala yang terjadi itu atas kehendak Allah. Jangan kapok, tapi ambil hikmahnya. Proud of you, 'lil Tiger! 

Syafakallah Nak, biar nanti kita jalan-jalan lagi..


HENNY F LESTARI

1 Comments

  1. Waaahhhh, ini salep ajaib!

    Kemaren suami saya kecelakaan, dikasih salep bioplacenton ini ama dokter.

    Pipi suami kan lecet serem banget, dikasih salep ini langsung sembuh dalam2 hari dong, kering dan sekarang malah gak berbekas ngeri seperti yang dulu saya takutkan, kece mah salep ini :D

    ReplyDelete