REVIEW WISATA : PANTAI ANYER - BANTEN




Ini adalah cerita tentang perjalanan saya jalan-jalan ke Pantai Anyer, Banten. Kala itu saya bersama 1 grup teman seperkuliahan, dalam rangka iseng, berinisiatif mengadakan acara silahturahmi ke Pantai Anyer dengan menaiki mobil pribadi seorang teman yang kami sewa bersama.



Saya, dan ke 11 orang teman-teman menyewa 2 mobil minibus. Berangkat dititik kami sepakat berkumpul yaitu, kampus kami.


Berhubung yang mengendarai mobil adalah salah 2 dari teman kami, dan tak ada yang orang Banten aseli, kami pun mengandalkan GMaps dan Alhamdulillah kami tiba di Pantai Anyer dengan sangat lancar. Waktu yang ditempuh adalah kurang lebih 3 jam perjalanan.


Kami juga sempat menepi di sebuah masjid, untuk sholat dan sedikit meregangkan otot kaki.


Sesampainya di sana, kami disuguhkan dengan pemandangan pesisir pantai yang tenang dan angin sepoi-sepoi khas angin pantai, yang selalu menyisakan rindu untuk datang lagi, dan lagi.



POIN UNIK TENTANG PANTAI ANYER VERSI hennyflestari.com

1. Anyer – Panarukan, ada yang kenal? Ya, saya pribadi mengenal Anyer dari istilah jaman saya sekolah dulu, dikisah seorang oleh Guru Sejarah waktu itu. Yakni, Herman Willem Daendels, membangun Jalan Anyer-Panarukan,  Jalan Raya Pos yang panjangnya mencapai seribu kilometer itu membentang dari ujung barat sampai ujung timur Jawa. Memakan ribuan korban, namun menjadi jalur penting hingga sekarang.

2. Mercusuar Anyer, mercucsuar ini adalah Icon utama Pantai Anyer. Mercusuar monumental ini disinyalir sebagai tanda titik awal atau nol kilometer pembangunan Jalan Anyer – Panarukan.

3. Pantai Anyer, berasal dari kata dalam Bahasa Jawa, yakni Anyar (baru), konon sejarahnya Pantai ini dulunya bernama Sudi Mampir dan akibat letusan Gunung Krakatau yang dahsyat, Sudi Mampir hancur, dan kawasan ini dibangun kembali menjadi kota baru, atau Anyar dalam Bahasa Jawa.
  
4. Fungsi utama dari menara ini adalah sebagai petunjuk saat kapal-kapal besar merapat berlabuh di perairan banten. Jika, wisatawan ingin naik kesana, wisatawan harus mampu menaklukkan sekitar 280 anak tangga untuk mencapai di atas puncak. Banyak wisatawan yang naik kesini dan menikmati pesona yang luar biasa. Decak kagum akan membahana, saat hamparan laut dan pepohonan berkumpul menjadi satu kesatuan. Pemandangan yang tidak akan pernah terlupakan sedikit pun.

5. HTM Pantai Anyer, Harga tiket masuk pantai anyer adalah 5 ribu rupiah. bagi yang membawa kendaraan bermotor akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah untuk mobil. Dan 5 ribu rupiah bagi yang menggunakan kendaraan bermotor.

6. Alamat lokasi kawasan ini berada di Jalan Raya Anyer, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Baten. Membutuhkan waktu kurang lebih 3 – 4 jam dari wilayah Jakarta. Menuju ke tempat ini wisatawan akan diberikan 2 rute.

7. Rute yang dilewati adalah : Tangerang Kota, Cimone, Cikupa, Balaraja, Cikande, Serang, Anyer.

8. Destinasi pantai menarik lainnya di deretan Pantai Anyer : Pantai Sambolo, Pantai Marina, Pantai Marbella, Pantai Pasir Putih Florida, Pantai Karang Bolong, Pantai Carita, Pulau Merak Besar dan Kecil, Pulau Sangiang, Pulau Umang, dsb.

9. Kapok ke Anyer, waspada terhadap pungutan liar di kawasan Anyer, sudah banyak wisatawan yang kapok terhadap kasus semacam ini.

10. Ini adalah pengalaman pertama saya jalan-jalan ke Pantai Anyer, Alhamdulillah menjadi kenangan perjalanan yang indah dan tak terlupakan. Meski banyak orang yang mengeluhkan beberapa hal terkait Pantai Anyer, saat itu kami melakukan perjalanan yang cukup lancar terkendali, Alhamdulillah..

11. Budget yang dipersiapkan saat itu hanya untuk membeli oleh-oleh saja, karena selebihnya seperti akomodasi transportasi perjalan serta makan (catering paket nasi), kami sudah patungan, dan di koordinir salah satu kawan kami. Dengan membayar biaya sebesar 150rb per orang, sudah all in ala anak kampus muehehehe..

12. Sepertinya cocok juga untuk liburan bersama keluarga besar, dengan iring-iringan mobil pribadi contohnya. Hanya saja semenjak berkeluarga, saya belum pernah kesana lagi. Namun ada planning, jika sudah rezeki, ingin sekali mengajak keluarga besar jalan-jalan ke Pantai eksotis ini.


Sampai jumpa di cerita traveling selanjutnya..
Beginilah jaman alay saya, what an amazing moment -_-

Terimakasih sudah bersedia mampir dan menyempatkan membaca, akan senang sekali jika teman-teman berkenan memberikan komentarnya. – HENNY F LESTARI – 

0 Comments