MAINAN MURAH



Perihal mainan, Rayyan emang melimpah banget, meski cuma mainan-mainan murah.

Sang Ayah rajin betul membelikan Rayyan mainan sejak ia masih belum paham apa itu mainan, kadang gak liat-liat harga, bikin emak spaneng -.-

Kalau saya pribadi lebih suka membelikan Rayyan mainan yang ada nilai edukasinya yang tentu (cuma) mainan murah sih. Seperti buku bacaan, buku aktifitas, elektronik book, replika laptop, flashcard, poster, etc.

Memilih mainan murah atau mahal, bukan jadi urusan utama buat saya. Poin nya itu, mainan yang kita beri ke anak, sudah tentu kita ikut memandu dalam penggunaannya, semahal dan atau semurah apapun itu. Ini yang saya sebut belajar bijak memilihkan mainan untuk anak.

Ada pelajaran yang saya dapat, dalam kasus ini. Di usia nya yang ke 2 tahun, ketika kami membelikan Rayyan sebuah electronic learning (alat bantu belajar) berbentuk menyerupai laptop mini, (yang hanya) seharga kurang dari 50 ribu, dan didampingi dalam penggunaannya, di usia 3 tahun ia sudah pandai menghapal huruf alphabet dan huruf hijaiyah. So sorry, it’s not for show up, just for my journal record.

Ada kenalan, seorang ibu yang memfasilitasi sang anak dengan gadget mahal, namun di usia yang kini sama-sama menginjak usia 4 tahunan, sang anak mengalami kendala keterlambatan bicara. Disini saya ambil hikmah, bahwa semahal atau semurah apapun benda yang kita miliki hendaknya di imbangin dengan penggunaan yang bijak.

Aku menulis ini, karena sudah sering terluka, sangat sering sekali di nyinyir ‘tidak bisa membelikan mainan mahal seperti kebanyakan anak-anak’. Beruntung saya memiliki Rayyan, si anak yang pandai membesarkan hati Bunda nya yang cemen ini.

Bunda ridho semoga Rayyan jadi anak yang beruntung dan dekat dengan banyak kebaikan, semoga Allah memampukan Bunda dan Ayah dalam menjaga fitrah baik dan mengawal tumbuh kembangmu.

Terimakasih sudah bersedia mampir dan menyempatkan membaca, saya akan senang sekali jika teman-teman berkenan meninggalkan komentarnya dibawah ini – HENNY F LESTARI

0 Komentar