OUTING CLASS DI MC DONALD’S COOKING CLASS


Di depan Outlet McD Grand Batavia 

Rabu, 11 Desember 2019 kemarin, Taman Kanak-Kanak Quran Syanjabil (Rajeg, Kab. Tangerang) mengadakan sebuah outing class yang seru bersama McDonald’s Grand Batavia, Pasar Kemis, Kab. Tangerang.

Oiya, terhitung sejak Rabu 16 Oktober 2019, Rays resmi bergabung dengan TK-Q Syanjabil lho.. Next post, saya akan ulas TK tersebut ya..

Meski termasuk murid ‘masbuk’, ujug-ujug nongol pas menjelang semesteran wkwkwk, saya membiarkan Rays menumbuhkan kecintaannya akan belajar dan bersekolah secara alami saja, it’s okay, we are not in busy! I let him enjoy it, just the way he is.

Jadi maaf-maaf kate nih, we are enjoying both homeschooling and social schooling, anyway.. Agak sulit menjadi sempurna di segala sisi, indeed. Selalu ada hal yang bisa dieksekusi sendiri maupun didelegasikan kepada orang lain yang lebih mumpuni.

Oke, kita mulai liputannya ala-ala nya ya..

Sehari sebelum hari H, Rays sudah sangat antusias sekali, ingin segera berangkat jalan-jalan, katanya. Cooperatively, dia melaksanakan semua instruksi saya dengan penuh semangat seperti harus sarapan dulu sebelum berangkat, minum tolak angin anak dan membantu saya menyiapkan beberapa hal yang harus kami bawa.


Bis yang kami naiki menuju outing class

Kami berangkat tepat jam 8 pagi, titik berkumpul di depan gerbang sekolah, dengan menaiki mobil jenis Elf yang sudah di sewa oleh pihak sekolah. Semi Elf kali ya, soalnya ada AC nya tapi gak berfungsi sama sekali, sehingga jendelanya kudu dibuka lebar-lebar biar ada semilir angin yang masuk untuk mengusir panas-trengginass nya wilayah Rajeg saat itu qiqiqi..

Ada sejumlah 4 mobil, yang berisikan anak-anak, orang tua murid dan masing-masing 1 guru sebagai pemandu kami selama perjalanan.

“Anak-anak, sebelum berangkat, yuk sama-sama kita baca doa naik kendaraan, agar kita senantiasa mendapat perlindungan dari Allah.” Ucap Bu Guru Yaya, mengajak para siswa nya membaca doa.

Menempuh jarak sekian kilometer, akhirnya 20 menit kemudian sampailah kami di tempat yang bertuliskan Mc Donalds yang saaaangat besar, dan disebelahnya tepat berdiri gagah sebuah bangunan yang bertliskan Batavia Splash, yah disinilah kita akan menikmati keseruan outing class hari ini, yeaaay yihaaa..

Sementara anak-anak melakukan outing class nya, kami para ortu murid di komando untuk langsung saja menunggu siswa di dalam wahana renang Batavia splash, hal ini kami manfaatkan untuk berfoto sepuasnya, ala emak-emak independent, tanpa di  gendoli  temani anak.

Bhaique-lah cukup di skip bagian emak-emaknya, cerita keseruan renang di Batavia Splash Water Adventure, saya ulas di postingan terpisah ya, jangan lupa mampir J

Kembali ke outing class di McD Grand Batavia,

Program outing class kali ini dimulai dengan acara baris-berbaris, baca doa sebelum belajar dan menerima beberapa instruksi dari Ibu Guru, kegiatan tersebut masih berada di depan outlet McD. Tujuannya sembari mengajarkan anak kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu secara bertahap, anak-anak masuk ke dalam outlet, diikuti beberapa guru pembimbing.

Para siswa TKQ Syanjabil

Di dalam sana, sudah ada Miss McD menyambut kehadiran mereka, yang kemudian mengambil alih, memandu para siswa. Miss McD tersebut memberikan sedikit informasi mengenai produk-produk yang McD miliki.

Selesai dengan dengan sambutan awal, anak-anak di bagi menjadi beberapa kelompuk untuk kemudian silih berganti menuju beberapa ruangan, inilah cooking class nya, acara masak-memasak pun dimulai, yeay!

Ruangan pertama adalah semacam gudang penyimpanan yeng menyerupai kulkas raksasa, di dalamnya berfungsi sebagai ruang penyimpanan bahan makanan agar tetap fresh hingga saat di sajikan kepada pelanggan.

Ruang kedua adalah dapur McD, tempat mengolah bahan-bahan mentah menjadi makanan siap saji yang nikmat. Anak-anak diajarkan cara membuat burger yang benar seperti memanggang roti beberapa detik, mengoleskan mayonaise, memberi sayuran dan mengisinya dengan daging ayam yang lezat.


Menikmati Ice Cream

Setelah itu, yang paling di tunggu-tunggu, yeay.. Bikin ice cream sendiri lho! Gak beneran bikin ice cream dari nol sih, lebih ke bagaimana menyajikan ice cream dari mesin pembuat ice cream. Bagi Rays ini adalah kali ke tiga ia mendapat pengalaman mebuat ice cream di dapur McD, yaitu 2x ketika ia mengikuti kegiatan Mc Kids bersama Miss Itha dan Miss Nana di tahun 2018 silam.


Keceriaan para siswa

Sebelum pulang mereka semua berkumpul di sebuah meeting room, memberikan beberapa quiz, dan membagikan hadiah. Tak lupa dengan bimbingan para Ibu Guru, para siswa menyampaikan terima kasih ke Miss McD yang telah mengajari mereka membuat burger yang enak dan lezat. 


Pembagian gift

Dan… anak-anak pun pulang membawa oleh-oleh berupa gift, paket happy meal, balon dan segudang pengalaman seru yang akan diceritakan kepada orang tua dan keluarga dirumah.


Foto bersama Ibu Guru (kika : saya, Bu Yasri, Bu Lyna, Bu Yaya, Rays dan Mba Chacha)

“Nda tadi dedek masuk ke tempat yang dingiiiin banget kayak kulkas besaaaar kali” celetuk Rays, sangat antusias waktu itu, selepas ia selesai dengan cooking classnya.

Ekspresi ceria

Beginilah ekpresi Rays dan teman-teman saat dijepret di depan McDonald’s Grand Batavia.

Keseruan yang terpancar setelah belajar mengenal dapur McD mulai dari tempat penyimpanan bahan, pengolahan sampai jadi paket makanan yang nikmat dan siap disantap.


PENGERTIAN OUTING CLASS

Outing class ini merupakan  media efektif dalam menyampaikan ilmu pengetahuan. Tujuannya untuk mendekatkan siswa dengan lingkungan dengan melihat realita sesungguhnya. Biasanya outing class ini disesuaikan dengan tema pembelajaran di sekolah.


MANFAAT OUTING CLASS BAGI ANAK TK

Banyak nilai positif yang bisa diambil dari kegiatan-kegiatan semacam ini, diantaranya adalah :

1. Menghindari kejenuhan. TK-Q Syanjabil ini, yang termasuk nya TK dengan materi yang sangat ‘daging’ sekali bagi anak TK menurut saya, cocok buat Rays yang berkarakter ceriwis dan kepo yg gak ketulungan, membantu sekali bagi kami yang tinggal di lingkungan plural, dengan anak-anak yang suka menyanyikan lagu-lagu orang dewasa, duh Gustiii.. Demi mengalihkan perhatian Rays terhadap kegiatan yang lebih positif dengan hapalan-hapalan bernafaskan tauhid.

Nah, selama lima hari mereka belajar dikelas, bertemu dengan orang yang sama, lingkungan yang sama dan mungkin menerima pelajaran yang ‘daging’ banget setiap hari akan mengakibatkan kejenuhan yang pada akhirnya akan membuat anak-anak kurang antusias. Nah, outing class inilah solusinya.

2. Menanamkan jiwa kebersamaan dan saling mengenal diantara siswa karena outing class ini diikuti oleh seluruh siswa, baik TK A maupun TK B.

3. Dengan dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil mereka dilatih untuk bekerja sama satu dengan yang lain nya, misalnya dengan saling membantu menyajikan burger bersama-sama.

4. Selain itu outing class juga dapat meningkatkan rasa sosial siswa, karena siswa diajak mengunjungi berbagai tempat yang berbeda sehingga akan memberi pengalaman kepada siswa untuk bersosialisasi dengan dunia luar terutama lingkungan luar sekolah.

5. Manfaat bagi pihak penyelenggara (sekolah) dan pihak Mcd sendiri adalah media promosi yang dikemas dalam bentuk kegiatan seru, antimainstream. Promosi seperti ini jauh lebih efektif dari promosi-promosi lainnya, misalnya melalui leaflet dan banner.

6. Menumbuhkan kedekatan psikologis antara guru dan murid, yang pada akhirnya akan berimbas pada berhasilnya proses belajar mengajar didalam kelas. Perasaan nyaman anak-anak dibawah bimbingan seorang guru akan meningkatkan daya serap anak terhadap materi yang di sampaikan.

7. Keuntungan lainnya adalah meningkatkan kreatifitas seorang guru karena program outing class akan menjadi jembatan antara teori-teori yang dipelajari di dalam kelas dengan aplikasi di lapangan.

Kebahagiaan bertambah guru dan orang tua siswa saling bertukar foto-foto kegiatan saat outing class di McD Grand Batavia dan Wahana Renang Batavia Splash Water Adventure. Sebagai alat dokumentasi dan media untuk mengingat kembali keseruan yang didapat dari outing class hari ini.

Materi outing class kali ini bertema pengenalan pada dunia perniagaan dan masak-memasak. Dengan panduan yang optimal, kegiatan ini dapat melatih ketangkasan, keberanian, keingintahuan, kemandirian, dsb.

Alhamdulillah, outing class hari ini berjalan dengan lancar. Satu pengalaman baru dan juga pembelajaran baru untuk Rays --si bocah yang minat belajar nya lebih cenderung ke aktifitas outdoor ketimbang belajar di atas meja--.

Saya sebagai salah satu orang tua siswa menyambut positif kegiatan outing class semacam ini, selain menambah pengetahuan siswa di luar lingkungan sekolah, juga menambah wawasan mereka. Ini adalah salah satu pengalaman anak yang tidak terlupakan saat mereka dewasa nanti.

Gimana pendapat mommi-mommi tentang hadir nya outing class di sekolah anak-anak, yuk ceritain keseruan dan manfaat apa aja sih yang di dapet?

Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya..

Terimakasih sudah bersedia mampir dan menyempatkan membaca, akan senang sekali jika teman-teman berkenan memberikan komentarnya. – HENNY F LESTARI

1 Comments

  1. Gemaaaaas liat foto anak2 ini :D. Apalagi cerita mereka kalo baru balik dr outing class. Inget anakku yg pas diajak outing ke museum Jakarta, trus belajar membatik, uwaaah pulang2 dia lgs heboh cerita dengan kata2 cadel yg blm jelas :D. Tapi dengernya aja udh lgs ikutan excited hahahaha..

    Aku setuju dgn acara outing begini . Jd anak2 ga bosen, dan mereka malah LBH bisa belajar dengan cara yg LBH kreatif dan fun

    ReplyDelete